Magister Keuangan Daerah Universitas Cenderawasih

Jalan Trans Papua Dibangun, Harga Semen Turun dari Rp1 Juta Jadi Rp400.000

Jalan Trans Papua Dibangun, Harga Semen Turun dari Rp1 Juta Jadi Rp400.000

Pemerintah saat ini tengah menyelesaikan proses pembangunan jalan Trans Papua. Rencananya, bulan ini pemerintah meresmikan jalur Jayapura-Wamena yang berjarak 575 kilometer.

Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Oktorialdi mengatakan, meskipun masih belum diresmikan, jalur Trans Papua telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian di Papua. Salah satunya adalah dengan adanya penurunan harga barang di Papua.

“Dulu kalau semen itu dijual sekitar Rp1 juta di Wamena, sekarang sudah turun jadi Rp400.000. Karena pengirimannya sudah bisa lewat darat,” kata Oktorialdi di Hotel Ashley, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Dia mengklaim, meskipun jalur masih belum diresmikan jalan sudah bisa dilalui masyarakat. Pihaknya mengaku tidak bisa menahan tingginya antusiasme masyarakat yang ingin menggunakan jalur Trans Papua.

“Sebenarnya belum resmi dibuka tapi orang tidak bisa ditahan untuk lewat. Antusiasnya besar, mungkin karena selama ini lewat udara, sekarang sudah bisa lewat darat,” kata Okto.

Meskipun begitu, ia mengatakan, pembangunan jalan di Trans Papua masih belum bisa sama seperti yang digunakan di Jakarta. Pasalnya, beberapa bahan yang diperlukan untuk membangun jalan masih terbatas keberadaannya di Papua.

“Selesainya jangan dibayangkan pakai aspal seperti di Jakarta, masih ada pakai tanah. Jembatan juga masih kayu,” katanya lagi.

Ditemui di tempat yang sama Direktur Aparatur Negara Kementerian PPN/Bappenas Velix Vernando Wanggai mengakui, harga-harga barang di Papua turun karena konektivitas sudah berjalan. Dengan demikian, kegiatan logistik pun berjalan lebih optimal karena infrastruktur jalan sudah lewati kendaraan,

“Ini contoh untuk efisiensi harga dan mendorong ekonomi,” kata Velix.

 

sumber : klik disini