Magister Keuangan Daerah Universitas Cenderawasih

Kembangkan Bisnis, YJM Gelar Sosialisasi Usaha Peternakan

Kembangkan Bisnis, YJM Gelar Sosialisasi Usaha Peternakan

Timika, HP

Untuk mengembangkan bisnis dibidang peternakan, Yayasan Jayasakti Mandiri (YJM) yang di dukung oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) menggelar kegiatan sosialisasi dan rencana kerjasama usaha perternakan  yang digelar di hotel Horison Ultima, Jumat  (7/12) lalu.  Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh beberapa pengusaha lokal selaku vendor YJM yang  tersebar di Kabupaten Mimika.

Tujuan kegiatan tersebut adalah melakukan Refresh kerja sama kepada para Vendor  yang sudah berjalan, dimana produksi telur di Kabupaten Mimika sudah over. Kegiatan ini dalam rangka menyampaikan bahwa telur-telur yang dihasilkan tersebut sesuai denga standar baik yang ada di PTFI, Standar peternakan dan pemerintah.

Manager Community Economi Development PTFI Yohanes Bewahan, saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan, bahwa dengan melakukan sosialisasi tersebut pihaknya meyakinkan bahwa yang dilakukan oleh YJM dibidang peternakan sudah sesuai dengan stndart yang ada sehingga nantinya untuk mendapatkan market baru.

“Kami mau pastikan bahwa produk yang kami hasilkan sesuai dengan standar sehingga masyarakat tidak mengkonsumsi produk peternakan yang tidak standar. Kami juga akan melakukan sosialisasi yang lain seperti untuk pelanggan pakan dan pelanggan daging kedepan,”tuturnya.

Untuk kapasitas produk yang dihasilkan, Yohanes menjelaskan bahwa untuk kapasitas produksi di tahun 2018 ini pihaknya mengahsilakan produk-produk peternakan yang sangat besar dan sangat menjanjikan dengan harga yang sangat murah dan terjangkau.

“Produk kami telur ada 1,7 juta telur perbulan, ayam pedaging 1500-2000ekor yang ada di 11 kandang, untuk pakan sekitar 1000 ton per bulan, babi 300 ekor. Siapa saja yang membutuhkan hasil produksi kami ini marilah kita kerjasama untuk secara langsung membantu masyarakat di binaan Freeport,”jelasnya.

Untuk mengembangkan bisnis produk dibidang pakan ternak pihaknya akan membuka gudang pakan ternak yang mendekati para peternak-peternak lokal sehingga memudahkan para peternak untuk mendapatkan pakan yang berkualitas. Sedangkan untuk rumah potong ayam (RPA) pihaknya sedang mengusahakan lokasi yang strategis yang dimana bisa dilakukan pengolahan limbahnya yang tidak membahayakan masyarakat.

“Untuk Pakan kita akan pindahkan pusat gudang ternak di Nawaripi kapasitasnya 1000 ton dan per satuFebruari kami pastikan sudah dijalankan, lebih dekat para peternak SP 1, SP 4 dan yang tersebar diwilayah lainnya. Untuk yang SP 12 masih tetap beroperasi, untuk RPA kita sedang usahakan lokasinya yang dekat sungai dengan melihat lingkungan yang bersih karena kami tidak mau produk kami tidak memenuhi standart lingkungan,”tuturnya.

Terkait dengan memudahkan para vendor untuk menjaga hubungan bisnis pihak YJM melakukan fleksibilitas dalam pembayaran untuk membantu para Vendor secara internal. Pembayaran yang diberikan selama 14 samapai 15 hari dengan demikian dinilai sama-sama saling membantu dan meringankan.

Rencana yang akan dilakukan oleh YJM di tahun 2019 dalam mengembangkan bisnisnya dibidang peternakan antara lain. Pembangunan Hatchery (Mesin penetas telur kapasitas 30.000 DOC), Pembangunan RPA di Timika kapasitas 5000 ekor perhari, Pembamgunan gudang processing telur kapasitas 100.000 ribu butir perhari. Investasi mesin pencuci telur otomatis, Investasi egg pulp kapasitas 360.000 butir, Penjualan pakan 1000 ton perbulan dan Pembangunan Clouse House kapasitas 40.000.

sumber : klik disini