Magister Keuangan Daerah Universitas Cenderawasih

Kemajuan Pendidikan di Papua

Kemajuan Pendidikan di Papua

17 Juni 2019
|
0 Comments
|

Pendidikan merupakan suatu modal dasar bagi setiap orang dalam upaya untuk mencapai suatu kesuksesan. Setiap orang pastinya ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya, sehingga perlu untuk menjalankan pendidikan dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga ke Perguruan Tinggi.

Papua selalu dikatakan sebagai daerah yang tertinggal, tapi itu dulu. Mengapa demikian? Karena sekarang Papua sudah bisa dikatakan sebagai daerah yang cukup berkembang dengan adanya berbagai perubahan seperti pembangunan gedung-gedung bertingkat. Selain itu, sumber daya amnusianya pun sudah cukup maju karena mereka mempunyai kemauan yang tinggi untuk menuntut ilmu sampai ke jenjang perguruan tinggi mulai dari yang ada di Papua, luar kota, bahkan ada yang sampai ke Universitas yang ada di luar negeri.

142369116882048610

Dalam foto tersebut terlihat jelas bahwa anak asli Papua sudah memulai pendidikan mereka dari Taman Kanak-kanak sehingga bisa membiasakan mereka untuk dapat bergerak aktif dan berinteraksi dengan dunia sekitar mereka. Mereka sangat menikmati pendidikan yang sedang mereka jalani karena fasilitas pendidikan yang ada di Papua juga sudah sama dengan fasilitas pendidikan yang ada di kota-kota besar lainnya.

Anak-anak asli Papua mempunyai semangat yang tinggi dalam menuntut ilmu. Sehingga kita percaya bahwa nantinya dalam beberapa tahun ke depan mereka merupakan generasi penerus bangsa yang bisa memimpin Papua dan merubah Papua menjadi lebih maju dan berkembang.

14236913461946342524

Fasilitas pendidikan di Papua saat ini sudah cukup lengkap dalam mendukung proses belajar mengajar mulai dari SD, SMP, dan juga SMA. Selain itu, di Papua juga sudah memiliki beberapa Universitas Negeri dan juga Swasta seperti Universitas Cenderawasih (Uncen) yang berada di Jayapura, Universitas Negeri Papua (Unipa) yang berada di Manokwari, Universitas Yapis Papua (Uniyap) yang berada di Jayapura dan masih banyak lagi. Selain itu, di Papua juga sudah ada satu Fakultas Kedokteran (FK) yang ada di Universitas Cenderawasih.

1423692523453400668

Dengan adanya berbagai Universitas di Papua sehingga putra-putri asli Papua bisa menuntut ilmu lanjutan di tanah mereka sendiri. Itulah yang menjadi bukti bahwa pendidikan di Papua sudah maju dan tidak kalah dengan pendidikan di kota-kota besar lainnya.

Semoga nantinya Papua bisa semakin berkembang dan lebih maju lagi dengan adanya generasi penerus yang tak pernah berhenti untuk menuntut ilmu sampai kejenjang paling tinggi.

sumber : klik disini