Magister Keuangan Daerah Universitas Cenderawasih

Langkah TPID Jayapura Kendalikan Inflasi Jelang Lebaran

Langkah TPID Jayapura Kendalikan Inflasi Jelang Lebaran

Tim Pengendali Inflasi Daerah ( TPID ) Kota Jayapura bersepakat  melakukan langkah antisipatif dengan melakukan beberapa kegiatan sebagai upaya mengendalikan inflasi menjelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Manager  Tim Pengendali Ekonomi Bank Indonesia ( BI ) Perwakilan provinsi papua , Galih  Budi Utomo, menyampaikan sesuai hasil Rapat Kordinasi TPID Kota Jayapura yang digelar, Kamis ( 9/5/2019 ) kemarin. Tim TPID Jayapura  bersepakat melakukan beberapa kegiatan sebagai upaya mengendalikan inflasi menjelang Idul Fitri 1440  H.

Dia menerangkan, langkah pertama yang dilakukan TPID  yaitu, dengan memotong rantai distribusi dari produsen ke konsumen melalui pelaksanaan pasar produsen (petani, peternak, nelayan dan distributor) secara berkala setiap bulan.

Kemudian menghubungkan petani, peternak dan nelayan dengan pasar modern, toko tani Indonesia (program dinas ketahanan pangan) dan rumah pangan kita (program Bulog) untuk memasarkan produknya.

“Selain itu, menghimbau masyarakat melalui media agar melakukan konsumsi secara wajar dan tidak panik karena stok bahan pangan aman,” terang Galih dalam rilis yang diterima Bisnis Papua via WhatsApp, Jumat ( 10/5/2019 ).

Lanjut dia, langkah selanjutnya dengan menerbitkan surat edaran kepada distributor dan pasar modern untuk menjaga stabilitas pasokan, agar terjadi kewajaran harga dan kelayakan produk yang dijual.

TPID juga, kata Galih  akan melakukan sidak dan monitoring ke distributor dan pasar untuk mengantisipasi penimbunan stok guna menjaga kewajaran harga bahan pokok serta memastikan kelayakan produk yang dijual ke masyarakat.

“ Pelaksanaan pasar murah dan operasi pasar akan dilaksanakan menjelang hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah,” tutupnya.

 

sumber : klik disini