Magister Keuangan Daerah Universitas Cenderawasih

Ma'ruf Amin: Pemekaran Papua Tak Ubah Moratorium DOB

Ma’ruf Amin: Pemekaran Papua Tak Ubah Moratorium DOB

25 Januari 2020
|
0 Comments
|

Wakil Ketua DPD Nono Sampono mengusulkan pemekaran wilayah Papua kepada Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Ma’ruf menyebut, pemerintah masih berpegang pada Moratorium Daerah Otonom Baru (DOB) sejak 2014.

Dalam moratorium tersebut, ditegaskan tidak ada lagi wilayah yang dim. Namun, kata Ma’ruf, untuk Papua ada pengecualian bila pemekaran ingin dilakukan.

“Memang kemarin Nono menemui saya untuk menyampaikan keinginan DPD, tapi kita selama ini masih berpegang pada prinsip yaitu moratorium tidak ada pemekaran, kecuali memang yang menyangkut Papua ya,” kata Ma’ruf di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

“Papua itu kan sudah lama sebenarnya, sudah ditetapkan cuma belum direalisasi. Oleh karena itu yang masih dibahas kemungkinan itu adalah soal papua. Tidak berarti mengubah moratorium. Tidak,” sambungnya.

Ma’ruf menambahkan, hingga saat ini pemerintah masih membahas, apakah pemekaran Papua mendesak atau tidak. Sebab, Ma’ruf tidak ingin daerah lain ikut-ikutan soal pemekaran.

“Sampai hari ini masih Papua. Nanti kalau dibuka satu nanti semua minta. dan tidak semua daerah, ya kita lihat yang nanti dipertimbangkan itu kalau memang mendesak dan memang terlalu, prioritas istilahnya. Yang pasti Papua. yang lainnya belum,” tuturnya. 

sumber : klik disini